Thursday, January 10, 2013

Rupiah Terdepresiasi, Ini Tanggapan Gubernur BI

AppId is over the quota

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat nilai tukar Rupiah selama 2012 mengalami depresiasi sebesar 5,91 persen (yoy) ke level Rp 9.638 per dollar AS. Nilai tersebut dianggap masih memiliki volatilitas yang cukup rendah.

"Tekanan depresiasi terutama terjadi pada kuartal II dan III tahun 2012 terkait dengan memburuknya kondisi perekonomian global, khususnya di kawasan Eropa, yang berdampak pada penurunan arus masuk portfolio asing ke Indonesia," kata Darmin saat konferensi pers di kantor BI Jakarta, Kamis (10/1/2013).

Menurut Darmin, dari sisi domestik, tekanan Rupiah berasal dari tingginya permintaan valas untuk keperluan impor di tengah perlambatan kinerja ekspor. Nilai tukar Rupiah kembali bergerak stabil pada kuartal IV-2012 seiring dengan peningkatan arus masuk modal asing yang cukup besar, baik dalam bentuk arus masuk modal portofolio maupun investasi langsung.

Ke depan, Bank Indonesia akan terus menjaga stabilitas nilai tukar Rupiah sesuai dengan kondisi fundamental perekonomian. Berdasarkan kurs tengah BI, Rupiah hari ini diperdagangkan menguat 25 poin dari level Rp 9.740 menjadi Rp 9.715 per dollar AS.

Pihak Bank Indonesia akan terus melakukan intervensi, khususnya saat kurs Rupiah sudah menembus level nilai wajarnya. "Memang neraca perdagangan kita sedang disoroti pemain pasar. Tapi ya begitulah, ada yang ambil untung, ada yang menganggap ini hanya sementara. Jadi ya macam-macam ya investornya," tambahnya.

No comments:

Post a Comment