Sunday, January 13, 2013

Setahun, BI Rate Tetap 5,75 Persen

AppId is over the quota

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan BI (BI Rate) pada Januari 2013 ini di level 5,75 persen. Ini berarti sudah 12 bulan atau setahun bank sentral mempertahankan BI Rate sejak Februari 2012.

Gubernur BI Darmin Nasution menjelaskan, tingkat suku bunga tersebut dinilai masih konsisten dengan tekanan inflasi yang rendah dan terkendali sesuai dengan target inflasi pada 2013 dan 2014 di level 4,5 plus minus 1 persen.

"Kami tetap mempertahankan BI Rate di level 5,75 persen," kata Darmin di Kantor BI, Jakarta, Kamis (10/1/2013).

Darmin menilai kinerja tahun 2012 dan prospek tahun 2013-2014 secara umum masih menunjukkan perekonomian domestik yang tetap tumbuh baik dengan stabilitas tetap terjaga. Ke depan, dengan mencermati risiko perekonomian global, Dewan Gubernur akan memperkuat kebijakan untuk mengelola keseimbangan eksternal ke tingkat yang berkesinambungan dengan tetap memberikan dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi domestik.

"Kami meyakini bahwa penerapan bauran kebijakan moneter dan makroprudensial serta dukungan koordinasi dengan pemerintah akan mampu menjaga kestabilan ekonomi makro dan kesinambungan pertumbuhan ekonomi nasional," katanya.

Di sisi lain, perekonomian dunia tahun 2013 masih tumbuh lebih lambat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi Eropa mengalami kontraksi terkait dengan berlarut-larutnya penyelesaian krisis di kawasan tersebut. Sementara perekonomian di Amerika Serikat mulai membaik meski masih ada risiko dari stimulus fiskalnya.

Di negara berkembang, ekonomi juga mulai melambat seiring dengan pelambatan ekonomi China dan India. "Hal ini juga memengaruhi Indonesia karena kedua negara tersebut adalah mitra dagang Indonesia meski harga komoditas masih turun," tutur Darmin.

Pada tahun 2013 dan 2014, BI memperkirakan ekonomi dunia akan tumbuh lebih tinggi dan harga komoditas dunia juga akan mengalami kenaikan.

No comments:

Post a Comment