Friday, August 17, 2012

Menkop Yakin Penyerapan KUR Tembus Rp 30 Triliun

AppId is over the quota
Petugas menata tumpukan uang rupiah di Sentra Operasi Kas BRI Pusat di Jakarta, Senin (23/7). BRI tercatat sebagai penyalur terbesar kredit usaha rakyat (KUR) sejak dicanangkan tahun 2007. BRI sudah memberikan KUR kepada 5,4 juta orang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyerapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sudah mencapai Rp 19 triliun sampai dengan 30 Juli 2012. Dengan kondisi itu, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah pun yakin penyaluran KUR tembus Rp 30 triliun pada tahun ini.

"Rp 19 triliun sampai tanggal 30 Juli kemarin," sebut Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan, di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Rabu (15/8/2012).

Realisasi penyerapan KUR sampai 30 Juli 2012 telah mencapai Rp 19 triliun. Angka tersebut telah mencapai 63 persen dari target 2012 sebesar Rp 30 triliun.

Syarifuddin pun mengatakan, kendala dalam penyerapan KUR relatif sedikit. Dari sisi Pemerintah, dia mengklaim tidak ada masalah. Kendala mungkin hanya ada di sisi masyarakat saja yakni komunikasi antara masyarakat dengan pihak perbankan.

Ia mengharapkan, masyarakat harus lebih berkomunikasi dengan pihak perbankan. Tidak bisa masyarakat hanya bersikap menunggu. "Karena apa? Perbankan itu kan terbatas untuk menjangkau rakyat kecil. Itu kan sangat terbatas kan," tegas Syarief.

Dengan tidak adanya masalah yang berarti, ia pun optimistis target penyerapan KUR bisa tembus Rp 30 triliun pada tahun 2012. "Ini kan 63 persen semester I kita sudah capai. Sampai akhir tahun pasti tembus angka Rp 30 triliun," tandas Syarief.

No comments:

Post a Comment